Knowledge is REMIX and REMIX is how live

Selain Mie Instant dan Superman, Internet mungkin cocok dimasukkan ke dalam daftar Temuan Terbaik Abad ini. Hanya Internet yang saat ini mampu membuat kita merasa dunia itu sempit, tanpa batas dan tanpa hambatan. Telekomunikasi, bisnis, dan pacaran pun sudah bisa dilakukan didalam dunia Maya ini. Belakangan, Internet tak lagi dikonotasikan dengan komputer. Mulai dari tahun 2002, ketergantungan Internet terhadap komputer dan turunannya mengendur. Hal itu terjadi karena bermunculannya ponsel dengan jaringan GPRS.

Tapi tidak semua ponsel yang bisa digunakan untuk berinternet, memuaskan ketika digunakan. Memang akses Internet melalui ponsel sangat bergantung pada jaringan yang dihadirkan oleh Operator. Tapi tetap saja, jika seluruh Operator kita asumsikan punya kemampuan sama (apalagi tarifnya sama-sama mahal), kepuasan berinternet sangat bergantung pada kemampuan ponsel.

Saat ini, kondisi serunya berinternet dengan ponsel sebagai Handset adalah kemudahan akses dimanapun dan enteng dijinjing. Kemampuan menghadirkan halaman per halaman dari jaringan yang diakses, kemampuan memunculkan gambar maupun dalam hal kecepatan koneksi, semua itu bergantung pada performa ponsel. Saat ini ada banyak Handset yang terbaik dari kelasnya yang layak kita pertimbangkan sebelum membeli. Saya tampilkan beberapa tips untuk memilih yang terbaik seperti di bawah ini;

1. Tidak memerlukan banyak Setting
Setting dilakukan cukup sekali pada SIM Card, yakni setting GPRS-nya. Jadi Anda tidak perlu repot gonta ganti setting jika SIM Card dipindahkan ke Handset lain. Perlu diingat, tidak semua ponsel/PDAphone yang bisa seperti ini.
2. Layar lebar
Semakin besar layar pasti makin mantap karena umumya telah mampu menghadirkan halaman Internet seperti layaknya di komputer. Selain besarnya dimensi layar, hal penting lainnya adalah jenis dan kedalamnya. Standarnya kini adalah TFT dengan kedalaman 256K color. Lebih bagus lagi jika menggunakan kedalaman 16 juta color. Tapi penggunaan 65K color masih lumayan kok. Maklum, semakin tinggi spesifikasinya membutuhkan energi lebih besar.
3. Sistem operasi
Perhatikan sistem operasinya jika nanti Anda berencana menggunakan aplikasi mobile browser seperti Minimo dan Opera Mini
4. Baterai kuat
Berinternet membutuhkan energi banyak. Jangan sampai membuat kita kerepotan kalau tenaga baterai habis.
5. GPRS >=10
Sebaiknya gunakan GPRS kelas 10 keatas. Andai dibawah kelas 10 pun, masih ada 3G yang kecepatan juga oke. Beberapa ponsel bahkan sudah memiliki kelas GPRS tinggi, yakni 32. Tak hanya itu, perangkat dengan GPRS kelas 10 ke atas, EDGE (2,5G) dan 3G, biasanya bisa menampilkan HTML. Dengan kata lain, ponsel High End paling lama buatan 2006 merupakan pilihan paling ideal untuk berinternet.


Perlu diingat juga bahwa berinternet di ponsel itu lebih mahal. Berinternet di ponsel memang masih belum seindah di komputer. Mulai dari kepuasan mata, download, upload, dan ketidakmampuan ponsel membuka lebih dari satu halaman pada saat bersamaan. Perlu diingat juga bahwa berinternet di ponsel itu lebih mahal. Pulsa GSM Rp. 100.000 bisa habis dalam tempo sejam karena perhitungannya berdasarkan Kilobyte dan biasanya selalu 'terasa' lama jika sedang loading. Lah iyalah, kan biasanya orang-orang lebih banyak akses Internet di komputer. Hindari menggunakan ponsel sebagai modem, apalagi jika masih ada modem sungguhan. Kalau pun terpaksa gunakanlah dalam waktu singkat karena entah mengapa ponsel jadi gampang ngadat. Ponsel yang hendak dijadikan modem sebaiknya ponsel yang Low End saja.

Nah, berikut Handset yang paling sesuai dengan tips-tips diatas. Kebanyakan sih memang merk NOKIA ya...

DOPOD D810, SONI ERICSSON P990i, K510i, NOKIA N73, N80, N92/N93/N93i (ketiganya memiliki karakteristik yang sama). Ya ada Harga, ada Kualitas lah hehehehe...



Back to Main Page

Labels:

posted by Rudi @ 6:43 PM,

<< Return to Home





Gunakan feature pencarian ini untuk mengetahui info-info terbaru dari dunia komik, Penulis dan Artis favorit Anda.


Previous Posts


Shout Now!

Pertimbangkan untuk tidak memberikan link email Anda demi menghindari spam & junkmail dikemudian hari.



Links

US Comic Reviews
» Newsarama
» Comic Book Resources

Livin La Vida Comics!
» Komik Indonesia
» Manyala
» Pragat Comic
» Comics & Sequential Art

Friends to Friends
» Sang Kolektor
» Komik Bekas
» Lucky Seven 777
» 1 Magic Store
» Sun Burst Adventure

Specials
» Pak Janggut


Powered by

BLOGGER
Add to Plusmo Site Meter

Mau Duit? Bukan bohong! Kumpul aja bersama para Blogger disini!


We are an Amazon Associate. Items purchased after clicking a link on this site generate a small commission. Clik here if you want to join affiliate program.




And i'm using Google AdSense too.



Firefox is Free Browser that allow you to browse more faster and secure. Firefox is also great for Bloggers because it easier to use and now it comes with the Google Toolbar.