Knowledge is REMIX and REMIX is how live

Dalam kurun beberapa tahun pada akhir 1950an hingga 1980an, khususnya pada saat kejayaan Silver Age tahun 1960an, DC telah melahirkan berbagai macam cerita tentang tokoh-tokoh komik mereka yang tidak berhubungan dengan kontinuitas (serial reguler pokok). Cerita-cerita semacam ini disebut 'Imaginary Story' karena menonjolkan latar belakang tokoh dan cerita yang bersifat alternatif. Anda semua pasti tahu kalau DC memang menganut 'Ideologi' Dunia Parallel (periksa Crisis On Infinite Earths tahun 1985), jadi memang Superman dan kawan-kawan bisa ada di Bumi mana pun!

'Imaginary Story' resmi yang terakhir kali diterbitkan adalah Whatever Happened to the Man of Tomorrow?, ditulis oleh Alan Moore dan muncul di Superman #423 dan Action Comics #583 pada periode September 1986. Berangkat dari titik inilah, Imaginary Story kemudian diberi label baru; Elsewords (logo Elseworlds yang seperti sekarang ini mulai diperlihatkan di Batman: Holly Terror).

Seri Elseworlds ditetapkan menjadi media inspiratif dengan skala kemungkinan yang lebih luas. Elseworlds sama sekali berbeda dengan seri What If...? keluaran Marvel yang rata-rata konsep ceritanya adalah hasil diversifikasi yang diulik dari poin utama di kontinuitas. Sebut saja beberapa diantaranya; What If The Hulk had the brain of Bruce Banner?, What If Captain America Hadn't Vanished during World War Two? dan What If Thor and The Avengers Battled the Gods? Cerita dalam Elseworlds malah mengalir utuh, tidak ada diversifikasi. Kata orang Elseworlds itu benar-benar 'Fan Fiction'.

In Elseworlds, heroes are taken from their usual settings and put into strange times and places - some that have existed, and others that can't, couldn't or shouldn't exist. The result is stories that make characters who are as familiar as yesterday seem as fresh as tomorrow.

Para penulis dan artis komik bebas bereksperimen dengan berbagai aspek dalam legenda mereka (baca; Superhero) di DC Universe (DCU). Mereka mengacak-ngacak originilitas, menggonta-ganti kekuatan mereka, hingga merubah mereka menjadi jahat dan menyebabkan masa depan Bumi menjadi suram. Elseworlds dapat menciptakan, menghancurkan dan membangun kembali, tanpa berdampak buruk terhadap DCU secara keseluruhan malah jelas mengukuhkan 'Ideologi Dunia Parallel'nya DC (seperti yang sudah saya sebut di atas). Paling puncak dalam seri ini adalah Kingdom Come --ditulis oleh Mark Waid dan digambar oleh Alex Ross--yang melemparkan para superhero dalam konflik Apokaliptik. Sukses besar dalam penjualan dan cerita, membuat DC memasukkannya kedalam DCU yang "sesungguhnya". Sekuel Kingdom Come adalah The Kingdom dimana Superman tua (dari Kingdom Come) bertemu dengan Superman biasa yang kita kenal (kontinuitas).

Beberapa cerita Elseworlds yang paling heboh;

Jadi tujuannya jelas; membuat Superman atau Batman bertahan sampai 100 tahun lagi... Tapi sayang, 2005 yang lalu tidak ada Elseworlds baru yang direncanakan akan terbit.


posted by Rudi @ 8:37 PM,

0 Comments:

Post a Comment

<< Return to Home





Gunakan feature pencarian ini untuk mengetahui info-info terbaru dari dunia komik, Penulis dan Artis favorit Anda.


Previous Posts


Shout Now!

Pertimbangkan untuk tidak memberikan link email Anda demi menghindari spam & junkmail dikemudian hari.



Links

US Comic Reviews
» Newsarama
» Comic Book Resources

Livin La Vida Comics!
» Komik Indonesia
» Manyala
» Pragat Comic
» Comics & Sequential Art

Friends to Friends
» Sang Kolektor
» Komik Bekas
» Lucky Seven 777
» 1 Magic Store
» Sun Burst Adventure

Specials
» Pak Janggut


Powered by

BLOGGER
Add to Plusmo Site Meter

Mau Duit? Bukan bohong! Kumpul aja bersama para Blogger disini!


We are an Amazon Associate. Items purchased after clicking a link on this site generate a small commission. Clik here if you want to join affiliate program.




And i'm using Google AdSense too.



Firefox is Free Browser that allow you to browse more faster and secure. Firefox is also great for Bloggers because it easier to use and now it comes with the Google Toolbar.