Knowledge is REMIX and REMIX is how live

Program kecil ini adalah viewer standard untuk archive komikscan di Windows. Komikscan biasanya beredar dalam kondisi terkompresi, seperti CBZ dan CBR, memudahkan para scanner dan downloader untuk saling share. Pembuatan CBZ dan CBR sendiri sangat mudah, cukup menggunakan WinRar atau WinZip. File-file image yang dikompres kedalam format *.Zip dan *.Rar nantinya cukup di 'Rename' saja.

Biasanya saya menggunakan WinRar karena ia juga bisa membuat *.Zip dan WinZip tidak bisa membuat *.Rar:) Jadi baik CBZ dan CBR dapat Anda ekstrak/buka dengan WinRar dengan 'Open With' atau tetapkan kedua jenis archive itu assosiacted with WinRar. Tapi kenapa musti CBZ dan CBR sih? Yah, mungkin cuma buat keren-kerenan kali... hehehehehehe....

Pertama kali Anda menjalankan aplikasi ini, ia akan terbuka secara full screen (defaut). Untuk membuka file archive cukup, klik kanan dan pilih menu 'Load Files (L)' atau tekan tombol 'L' pada keyboard. Atau daripada repot klak klik sana sini, Anda langsung saja dobel klik file archive-nya saja.

Mekanisme (bahasanya ketinggian nih!) CDisplay adalah mengekstrak setiap file images ke folder temporary di Windows. Ketika Anda sudah selesai dan menutup CDisplay, file-file images temporary tersebut akan terhapus secara otomatis. Saya merasa kasihan sama hardisk, daripada di tulis di hapus di tulis di hapus lagi, daripada cepat aus, jadi kebanyakan file archive saya esktrak saja. Jadi CDisplay tidak perlu kerja tambahan lagi:) Memang rasanya kurang efisien karena bukannya hemat space di hardisk, tapi malah boros... Tapi kalau mau dihitung-hitung (meniru om Deddy Mizwar) bedanya cuma setetes loh... ting!

Ssaya sering mendapat sms dan email yang isinya pertanyaan tentang cara buka archive dan cara buka folder komikscan via CDisplay. Sebenarnya sama saja dengan membuka file archive kok. Jadi pada kesempatan yang berbahagia ini (karena abis makan duren!), saya coba bikin semacam tutorial sederhananya.


Step 1: Buka folder komikscan yang Anda inginkan. Sebagai contoh saya buka folder Captain America v5 #25 di hardisk, kebetulan yang ini masih hangat :)

Step 2: Setelah folder terbuka, silahkan pilih file paling atas. Penamaan file-file komikscan selalu dibuat secara sequential (pagination). Hal ini supaya setiap halaman (file) dapat diakses secara tepat dan berurutan, seperti selayaknya membaca buku asli. It's the correct order for reading.

Step 3: Klik kanan pada file, cari menu 'Open With' kemudian klik supaya keluar submenu-nya. Btw, saya sejak lama sudah menggunakan PicaView tapi versi yang lama. Versi yang terbaru sudah mampu membaca banyak file multimedia tapi saya masih setia dengan versi 1.21. Versi yang ini rasanya flat&compact, hanya mampu membaca images standar saja.

Step 4: Kemudian pilih 'Sequential Image Display'. Kalau program CDisplay sudah terinstall seharusnya dia sudah nampak di sub submenu seperti contoh gambar di atas.

Step 5 (optional): Jika tidak ada, Anda bisa mencarinya di C:\Program Files\CDisplay (lokasi instalasi default) dengan meng-klik 'Choose Program'.

Oke, kalau sudah, kita sekarang CDisplay sudah menampilkan halaman (file) yang tadi kita buka.

Klik kanan langsung, dan pilih 'Load Files (L)' atau tekan tombol 'L' pada keyboard.

CDisplay akan menampilkan semua file dalam folder Captain America v5 #25 tadi. Kalau Anda ingin langsung membuka images dari awal, langsung saja klik 'Open' karena secara otomatis semua file sudah terpilih.















Jika Anda hendak memilih file-file atau halaman-halaman tertentu, tekan tombol 'Ctrl' sambil Anda klik file-file yang diinginkan kemudian klik 'Open'. Untuk kontrol yang optimal dapat Anda buka dan coba-coba di menu 'Configure'. Selamat mencoba!

















CDisplay sebenarnya sama saja dengan ACDSee dan IrfanView, hanya saja ia punya semacam intelligent forwards mechanism. Memang dibuat untuk membuka file images (JPG, GIF, PNG), khususnya halaman komikscan. Terus terang saja saya tidak menginstall ACDsee dan IrfanView lagi. Memang keduanya sekarang memiliki banyak feature untuk image editing sederhana. Kalau sekedar buat lihat-lihat images, saya sudah merasa cukup dengan PicaView dan Window Picture and Fax Viewer, cukup bijak untuk hemat space hardisk kan?

CDisplay Image Display Program - version 1.8.1.0
By David Ayton
Email: dvd8n@BigFoot.com
Web: http://www.geocities.com/davidayton/CDisplay

ZIP file processing uses TZipBuilder v1.6 component by Chris Vleghert:
cvleghrt@worldonline.nl
based on Info-Zip: http://freesoftware.com/pub/infozip/Info-ZIP.html

TAR file processing uses TLibTar component by Stefan Heymann
www.destructor.de

PNG reading uses TPNGImage v1.4 component by Gustavo Daud:
http://pngdelphi.sourceforge.net

GIF reading uses TGIFImage v2.2 component by Anders Melander:
http://www.melander.dk/delphi/gifimage

Labels:

posted by Rudi @ 8:48 PM,

<< Return to Home





Gunakan feature pencarian ini untuk mengetahui info-info terbaru dari dunia komik, Penulis dan Artis favorit Anda.


Previous Posts


Shout Now!

Pertimbangkan untuk tidak memberikan link email Anda demi menghindari spam & junkmail dikemudian hari.



Links

US Comic Reviews
» Newsarama
» Comic Book Resources

Livin La Vida Comics!
» Komik Indonesia
» Manyala
» Pragat Comic
» Comics & Sequential Art

Friends to Friends
» Sang Kolektor
» Komik Bekas
» Lucky Seven 777
» 1 Magic Store
» Sun Burst Adventure

Specials
» Pak Janggut


Powered by

BLOGGER
Add to Plusmo Site Meter

Mau Duit? Bukan bohong! Kumpul aja bersama para Blogger disini!


We are an Amazon Associate. Items purchased after clicking a link on this site generate a small commission. Clik here if you want to join affiliate program.




And i'm using Google AdSense too.



Firefox is Free Browser that allow you to browse more faster and secure. Firefox is also great for Bloggers because it easier to use and now it comes with the Google Toolbar.